Opini

Jalan Tol Padang - Pekanbaru

27 Feb 2021, 217 View

Pembangunan Jalan Tol Untuk Konektivitas Ekonomi Sumbar

Jalan Tol Padang - Pekanbaru

PEMBANGUNAN JALAN TOL UNTUK KONEKTIVITAS EKONOMI SUMBAR

 

Oleh : H. Mahyeldi, SP 
Gubernur Sumatera Barat

 

Dalam kerangka makro-ekonomi, sarana transportasi terutama jalan dan jembatan merupakan tulang punggung perekonomian baik regional maupun lokal, di perkotaan maupun di pedesaan.

Kita ketahui bersama sistem transportasi memiliki sifat sistem jaringan dimana kinerja pelayanan transportasi sangat dipengaruhi oleh integrasi dan keterpaduan jaringan jalan. Sarana transportasi memegang peranan vital dalam aspek sosial ekonomi melalui fungsi distribusi antara daerah satu dengan daerah lain. Distribusi barang, manusia, dan lain-lain akan menjadi lebih mudah dan cepat bila sarana transportasi yang ada berfungsi sebagaimana mestinya sehingga transportasi dapat menjadi salah satu sarana untuk mengintegrasikan berbagai wilayah.

Setiap daerah memiliki potensi yang berbeda-beda, baik itu sumberdaya alamnya maupun potensi yang lain. Disamping itu, kebutuhan manusia untuk memenuhi kehidupannya selalu berubah. Hal inilah yang membuat transportasi sangat penting bagi kita karena belum tentu semua kebutuhan itu terdapat di daerah-nya. Faktor inilah yang mempengaruhi manusia dan barang untuk pindah dari satu tempat ketempat yang lain.

Jaringan jalan memiliki fungsi dan manfaat yang terklasifikasi menjadi beberapa bagian penting, yaitu melancarkan arus barang dan manusia dan menunjang perkembangan pembangunan.

Pembangunan Jalan Tol Padang-Pekanbaru yang merupakan salah satu segment dari jaringan terintegrasi Tol Sumatera akan meningkatkan pertumbuhan industrialisasi berbagai sektor.

Meningkatnya pertumbuhan industrialisasi karena lancarnya arus orang dan barang tentu akan meningkatkan transaksi ekonomi yang berujung kepada meningkatnya pertumbuhan ekonomi di wilayah Sumatera Barat.

Dalam hal ekonomi, keberadaan Jalan Tol Padang - Pekanbaru ini akan meningkatkan pula beberapa hal berikut, Pertama, dimasa pembangunan, kalau kita pakai ilustrasi buletin Khazanah Nasional.

Apa yang anda rasakan setelah membacanya...?

love

0

Suka
dislike

0

Kecewa
wow

0

Wow
funny

0

Lucu
angry

0

Marah
sad

0

Sedih