Redaksi Sumbar

Teknis pelaksanaan pemilihan ketua umum FMI Sumbar

Pengrov FMI Sumbar Terbentuk

5 Apr 2021 - 25 View

Teknis pelaksanaan pemilihan ketua umum FMI Sumbar

Padang, RedaksiDaerah.com - Federasi Mountaineering Indonesia (FMI) adalah wadah nasional bagi organisasi pendaki gunung di Indonesia.Saat sekarang FMI yang beraliansi dengan organisasi pendaki gunung internasional (UIAA yang berkedudukan di Swiss) telah memliki 14 pengurus provinsi. Sumatera Barat sendiri merupakan pengprov ke 15 yang bernaung dibawah Pengurus Besar FMI, yang berkedudukan di Jakarta. Pemilihan calon ketua FMI yang dilaksanakan di Padang, (3/04/2021).

Sebagai sebuah wadah nasional, FMI mempunyai misi untuk memasyarakatkan dan mewujudkan aktivitas mountaineering Indonesia yang professional, demi terciptanya kesejahteraan dan kemakmuran bangsa melalui kegiatan sains dan teknologi, konservasi, ekowisata, olahraga dan petualangan. 

FMI lahir tahun 2005 lalu, yang dimotori oleh pendaki gunung profesional dan sesepuh pencinta alam Indonesia, almarhum Herman O Lantang. Selain beranggotakan organisasi pendaki gunung, FMI juga mempunyai keanggotaan perorangan.

Pembentukan FMI Pengprov Sumatera Barat, diawali dengan mandat yang diterima oleh Deni Prima Kurnia. Pembentukan ini didukung penuh oleh beberapa organisasi pencinta alam yang ada di Padang, Padang Panjang, Bukittinggi, Sijunjung, Dharmasraya dan kabupaten Tanah Datar.

Jumlah ini lebih dari cukup untuk membentuk pengurus provinsi. Dalam aturan yang ditetapkan oleh pengurus besar FMI, pembentukan pengurus provinsi, harus didukung sekurang kurangnya oleh 3 (tiga) kabupaten/kota.

Sebagai penerima mandat, Deni Prima Kurnia terpilih secara aklamasi untuk menjadi ketua pengurus provinsi FMI Sumatera Barat.

"Kami akan melaporkan hasil pertemuan ini ke pengurus besar FMI di Jakarta, dan insya Allah dalam waktu dekat, mereka akan menerbitkan SK pembentukan pengprov sumbar", ujar Deni, sesaat setelah terpilih sebagai ketua FMI Pengprov Sumbar.

Lebih lanjut Deni menambahkan, setelah menerima SK pembentukan Pengprov Sumbar, dirinya akan menyusun kepengurusan lengkap FMI Sumbar, serta merumuskan program kerjanya. 

"Menambah kwalitas organisasi pencinta alam/ pendaki gunung di Sumatera Barat melalui berbagai macam latihan, merupakan program jangka pendek yang akan dilaksanakan oleh FMI pengprov Sumbar", Tambahnya.

Kontributor  : Ferdiyansyah
Editor.          : Hendra Putra

Apa yang anda rasakan setelah membacanya...?

love

1

Suka
dislike

0

Kecewa
wow

0

Wow
funny

0

Lucu
angry

0

Marah
sad

0

Sedih