Redaksi Malut

STQ ke VI Tingkat Kab Pulau Morotai Resmi Ditutup

5 Apr 2021 - 8 View

Morotai, RedaksiDaerah.com - Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke VI tingkat Kabupaten Pulau Morotai akhirnya ditutup secara resmi bertempat di CBD, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara, Senin (05/04/21).

Acara yang digelar selama 4 hari dibeberapa tempat antara Masjid Muhajirin, Aula kantor satpol PP ditutup secara resmi oleh Assisten 3 Hi.

Alfatah Sibua selaku yang mewakili Bupati Pulau Morotai, dan turut dihadiri oleh Kapolres Pulau Morotai yang diwakili oleh IPTU Ari Watiwa, Danlanud Leo wattimena Kolonel Pnb Erick Rofiq Nurdin, Danlanal Morotai yang di wakili Pasi Intel Kapten Laut (T) Surahman, Danramil Mayor Inf I Putu Admajaya, Anggota DPRD H., Jainal Karim Kepala Kantor Kementerian Agama Pulau Morotai, Kepala SKPD, Camat, Ketua MUI Kabupaten Pulau Morotai, NU Pulau Morotai dan para tokoh Agama, Kepala Desa dan serta para kafilah peserta STQ tingkat Kabupaten Pulau Morotai.

Dalam sambutan Kepala Kementrian Agama (Kamenag) Kabupaten Pulau Morotai H., Hasim Hamsa, S.Ag mengungkapkan, rasa terima kasih dan apresiasi pada seluruh pihak yang telah memberikan bantuan baik moral maupun material, sehingga pelaksanaan STQ ke VI ini dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Pelaksanaan STQ ke VI yang dilaksanakan saat ini tidak dapat dipisahkan dari program pembangunan Nasional utamanya dalam aspek peningkatan kualitas SDM yang berkaitan pada aspek kualitas Iman dan Taqwa maupun aspek-aspek peningkatan Ilmu pengetahuan utamanya dalam syiar agama Islam dan di harapkan Morotai bisa menjadi Qori dan Qori'a tingkat Nasional.

Dalam sambutan Bupati Pulau Morotai dalam hal ini diwakili oleh Assisten 3 Hi. Alfatah Sibua Bidang ekonomi dan kesra.

Alhamdu’lillahirrabi’alamin penyelenggaraan kegiatan seleksi Tilawatil Qur’an Tingkat Kabupaten Pulau Morotai Tahun 2021 berjalan lancar, aman, tertib dan sukses, baik sukses penyelenggaraan maupun sukses menggali potensi Qori dan Qoriah dari berbagai cabang dan tingkatan.

Dikumandangkan melalui STQ, kita meriahkan Al Qur’an menjadi pedoman Insya Allah, Islam maju di masa depan hadirin tamu undangan yang saya hormati.

Dalam kesempatan Penutupan STQ Tingkat Kabupaten Pulau Morotai Tahun 2021 ini, Saya menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat dan Panitia Penyelenggara atas suksesnya penyelenggaraan event religi tahunan ini.

Sudah tentu, kesemuanya ini merupakan hasil kerja keras dari seluruh masyarakat khususnya para panitia, yang telah mengupayakan penyelenggaraan STQ ini dengan sangat baik, profesional, sistematis, semoga penyelenggaraan yang baik dan bahkan lebih baik lagi dapat terlaksana di tahun-tahun mendatang.

Dalam penyelenggaraan STQ tentu ada yang mencapai prestasi terbaik maupun yang belum mencapai prestasi yang diinginkan, namun saya yakin para Dewan Hakim telah melakukan tugasnya secara baik, dengan tetap mengedepankan nilai-nilai profesional.

Hadirin Tamu Undangan yang Berbahagia Peserta STQ Tingkat Kabupaten Pulau Morotai, Pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an, memiliki makna yang sangat penting dan sarat dengan nilai-nilai sakral yang perlu kita ambil dan renungkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Karena dengan kegiatan ini dapat menumbuhkan kesadaran spiritual tentang arti pentingnya ajaran Al-Qur’an yang harus kita jadikan sebagai motivasi dasar dalam membangun kepribadian umat Islam dewasaini. Dengan Pelaksanaan STQ ini kita jadikan tidak hanya sekedar ajang untuk mengukir prestasi semata melainkan lebih dari pada itu sebagai sarana perekat rasa kebersamaan serta membangun kekuatan berdasarkan nilai-nilai Islami dalam rangka menyongsong pembangunan untuk mewujudkan masyarakat yang aman dan tentram.

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, Saya ucapkan selamat atas prestasi yang diraih oleh para juara dan kepada yang belum berhasil Kami mengingatkan kepada peserta agar terus mengasah kemampuan dengan berlatih, sedangkan bagi yang sudah dinyatakan sebagai pemenang saya harapkan jangan berpuas diri tapi lakukan langkah-langkah peningkatan kemampuan dan terus berlatih mempersiapkan diri untuk event STQ Tingkat Provinsi nanti, dengan harapan membawa hasil terbaik bagi Kabupaten Pulau Morotai Makna-makna Qur’ani yang telah dibangun pada kegiatan STQ atas pengakuan Al Qur’an sebagai pandangan hidup dan pegangan hidup hendaknya terpatri dalam jiwa untuk menghadapi berbagai tantangan kehidupan kedepan yang semakin berat dan kompleks, pemahaman dan pengetahuan terhadap Al-Qur’an akan menjadi satu kekuatan yang luarbiasa dalam membangun tatanan akhlaqulkarimah dalam diri maupun keluarga, dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Saya berharap semangat Al-Qur’an dapat menjadi jalan yang akan menghantarkan masyarakat menuju suatu tatanan kemasyarakatan yang memiliki komitmen moral untuk membangun kehidupan yang lebih baik, sejahtera lahir dan batin. Jika momentum STQ di perkuat melalui penanaman benih-benih generasi Qur’ani, dapat dipastikan kita akan menuai hasil dalam mewujudkan visi Pembangunan Kabupaten yang tercinta ini.

Saya berpesan agar kegiatan STQ tidak hanya diukur dari suksesnya penyelenggaraan dan banyaknya prestasi yang diraih. Hikmah dan nilai tambah dari STQ semoga dapat dipetik oleh umat dalam upaya meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan nilai-nilai Al-Qur’an sebagai landasan kehidupan dalam membentuk manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT.

Saudara-saudara yang saya hormati, Hendaknya STQ tidak hanya dipahami sebagai kompetisi. Namun sesungguhnya merupakan salah satu momentum syiar Islam untuk lebih memasyarakatkan budaya baca, tulis dan pemahaman Al Qur'an kepada masyarakat, agar kandungan nilai-nilainya dapat teraktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari. Apabila hal tersebut sungguh-sungguh kita upayakan, Insya Allah suasana religius yang sangat terasa pada saat penyelenggaran STQ ini, tidak berlalu ketika kegiatan ini selesai, namun tetap  menjiwai seluruh dinamika kehidupan masyarakat Pulau Morotai, harapnya.

Untuk itu, Hj., Alfatah Sibua mengatakan, kepada seluruh anak-anakku peserta STQ serta hadirin sekalian, sepulang dari tempat ini mari kita tingkatkan lagi intensitas latihan sebagai persiapan untuk mengemban amanah selanjutnya yakni mulai duta peserta yang Insya Allah akan mewakili Kabupaten Pulau Morotai untuk berkompetisi dan seleksi di tingkat Provinsi Maluku utara yang akan dilaksanakan pada bulan Agustus mendatang.

Sebelum menutup acara STQ ke VI ini terlebih dahulu dibacakan nama-nama pemenang lomba oleh koordinator dewan hakim STQ, yang mana pada kesempatan ini di umumkan pemenang dan Dilanjutkan dengan Penyerahan piala kepada juara.

Cabang Tilawah golongan anak-anak Putra : Juara 1., Moh., Sehrafil. S., Saridjan utusan Pulau Rao, Juara 2., Rian Canga Fataha utusan Morselbar, Juara 3., Amroji Abdulah utusan Morotai Timur.

Cabang Tilawah golongan anak-anak Putri : Juara 1., Sri mulyani Puradin utusan Morselbar, Juara 2., Siti Alia Ni'matullah utusan Pulau Rao, Juara 3., Nur Salam  utusan Morsel.

Cabang Tilawah golongan dewasa Putra : Juara 1., Muh., Asri Thahir, S.HI utusan Pulau Rao, Juara 2., Muhammad Husen, SIP, M.I.Pol utusan Morja, Juara 3., Mus Wahab utusan Morselbar.

Cabang Tilawah golongan dewasa Putri : Juara 1., Yanti Jafar utusan Morsel, Juara 2., Nirwani Kotu utusan Morselbar, Juara 3., Nurmala Lajau utusan Pulau Rao.

Cabang Hifdzil Qur'an golongan 1 juz+tilawah Putra : Juara 1., M., Al battar Difinudin utusan Pulau Rao, Juara 2., M., Kasim Mandea utusan Morselbar, Juara 3., Al., Habib Naser utusan Morja.

Cabang Hifdzil Qur'an golongan 1 juz+tilawah Putri : Juara 1., Nurul Isfa Alawiah utusan Pulau Rao, Juara 2., Ghaisani Adjara Totona utusan Morsel, Juara 3., Minerfa Adelina Djafar utusan Morja.

Cabang Hifdzil Qur'an golongan 5 juz+tilawah Putra : Juara 1., Abdullah Daeng Barang utusan Morja.

Cabang Hifdzil Qur'an golongan 5 juz+tilawah Putri : Juara 1., Nurhadai Baba.

Cabang Hifdzil Qur'an golongan 10 juz Putra : Juara 1., Ali Jumra Pina utusan Mortim.

Cabang Hifdzil Qur'an golongan 10 juz Putri : Juara 1., Umi Ainun Sumange utusan Morsel.

Cabang hifdzil qur'an golongan 30 juz Putra : Juara 1., Al Fariz Pina.

Dilanjutkan dengan Penyerahan piala  kepada juara.

 

Reporter  :  Roger

Editor       :  Rj Samosir

Apa yang anda rasakan setelah membacanya...?

love

0

Suka
dislike

0

Kecewa
wow

0

Wow
funny

0

Lucu
angry

0

Marah
sad

0

Sedih