Redaksi Sumut

Pengungsi Sinabung Geruduk Kantor Bupati Karo,Tuntut Janji Pemkab terkait LUT

16 Nov 2022 - 148 View

Karo,RedaksiDaerah.com-  Ada sekitar ratusan warga pengungsi Gunung Sinabung berasal dari tiga desa dan satu dusun yaitu desa Mardinding Kecamatan Tiganderket,desa Sukanalu,Sigarang-Garang,Dusun Lau Kawar Kecamatan Naman Teran gelar aksi damai,Selasa (15/11/2022) di Kantor Bupati Karo Jalan Jamin Ginting Kabanjahe Kabupaten Karo Sumatera Utara.

Kehadiran mereka adalah untuk menagih janji Pemkab Karo terkait Lahan Usaha Tani (LUT) yang belum ada kejelasan dan masih terus diguncang masalah sehingga tetap saja sampai saat ini mereka belum bisa menggunakan lahan untuk bercocok tanam.

Lahan Usaha Tani (LUT) sudah dibagikan tapi tidak ada kenyamanan untuk melakukan bercocok tanam, tanaman yang kami tanam satu atau dua minggu di cabuti orang lain dan tempat yang kami gunakan berteduh juga dirusak." Ujar Ronald Abdi Negara Sitepu salah satu Orator dalam aksi tersebut.

Ronald menambahkan kedatangan kami hari ini meminta kejelasan status lahan tersebut dan kami juga pertanyakan masalah sewa lahan dan rumah yang belum kami terima dari Pemkab Karo." Katanya dengan tegas.

"Hari ini kami menunggu selesainya surat penyerahan hak lahan usaha tani yang ditanda tangani Bupati Karo dan kami akan membawa pulang, kalau tidak kami tetap akan bertahan sampai disini." Kata pengungsi dengan serentak.

Pantauan RedaksiDaerah.com, terjadi perdebatan yang panjang dan memanas akhirnya ada kesepakatan antara Pemkab Karo dan Pengungsi Gunung Sinabung menyetujui dan membuat surat penyerahan LUT kepada masing kepala Keluarga.

 "Akan ada pengamanan secara rutin dengan melakukan patroli dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan bulan November ini akan menerima sewa lahan dan rumah selama satu tahun.

Reporter : Erianto Perangin Angin
Editor   : Tim Redaksi

Apa yang anda rasakan setelah membacanya...?

love

0

Suka
dislike

0

Kecewa
wow

1

Wow
funny

0

Lucu
angry

0

Marah
sad

0

Sedih