Redaksi Sumbar

Ketua DPD Dapur Santri Indonesia Serta Aktivis Kemanusiaan Luak 50 Chairul Saleh,Berharap Pj Walikota Payakumbuh di Perpanjang Masa Tugasnya Oleh Mendagri Hingga 2024

12 Sep 2023 - 293 View

Payakumbuh, REDAKSI DAERAH.COM– Sukses di tahun pertama memimpin, masa jabatan Penjabat (Pj) Walikota Payakumbuh Rida Ananda meminta masa tugas beliau segera akan diusulkan diperpanjang Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri),Selasa 12/9/2023

Usulan tersebut dinilai karena kinerjanya beliau cukup baik dimata Masyarakat, apalagi terkait masalah program yang beliau lakukan menekan angka kemiskinan dilingkup kerjanya.

Sosok beliau yang sangat ulet dan teliti dalam menata birokrasi pemerintahan kota Payakumbuh serta sellalu tanggap bila ada laporan masyarakat sampai di telinganya,tak ambil pusing beliau langsung meluncur bersama masyarakat nya.

Saat ditemui salah satu Aktivis sosial luak 50 serta Ketua DPD Dapur Santri Indonesia bersama Chairul Saleh yang akrap disapa Arul menuturkan Drs. H. Rida Ananda, M.Si. adalah seorang Aparatur Sipil Negara dan birokrat senior di Kota Payakumbuh, Sumatra Barat, Indonesia,beliau merupakan sosok yang betul betul memperhatikan apa kebutuhan serta keluahan masyarakatnya,"Tegasnya.

Baru baru ini tanda bukti kinerja beliau dinilai baik serta dianggap berhasil,beliau meraih penghargaan dari mendagri Muhammad Tito Karnavian dan Menkeu Sri Mulyani kepada Pj. Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda,Sebagai bentuk apresiasi, daerah-daerah yang berhasil mengendalikan inflasi akan menerima dana Insentif Fiskal sebesar 330 miliar rupiah untuk periode pertama tahun anggaran 2023,tentu itu sebuah anugerah terindah buat kota Payakumbuh, yang mana diserahkan di Sasana Bhakti Praja, Kantor Pusat Kementerian Dalam Negeri, Jakarta Pusat,"Pungkas Arul.

Dalam undang-undang nomor 4 tahun 2023 disebutkan masa jabatan bupati/wali kota adalah satu tahun dan dapat diperpanjang, baik pada orang yang sama maupun yang ditunjuk, berarti PJ Walikota Ridha Ananda layak diusulkan kembali hingga sampai Pemilihan Pilkada 2024 dimulai.

Sebagai aktivis Kemanusiaan Arul menilai PJ Walikota Payakumbuh Rida Ananda saya  anggap sukses memimpin Kota Payakumbuh selama periode setahun pertama,tentu beliau layak melanjutkan masa perpanjangan tugasnya melalui Usulan mendagri atas nama presiden kemudian memperpanjang masa jabatannya sampai tahun 2024.

"Kita berharap PJ Walikota Ridha Ananda bisa diperpanjang masa jabatan hingga 2024".Arul juga menjelaskan sesuai dengan peraturan, jika penjabat yang masa jabatannya diperpanjang, maka tidak perlu lagi ada pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan karena sudah dilantik dan disumpah pada pengangkatan pertama,"Sahutnya ke awak media.

“Penjabat Bupati dan Walikota yang diperpanjang masa jabatannya oleh orang yang sama, Pj Bupati dan Pj Walikota tidak dilantik kembali,” jelas tambah Arul.

Pertama, jabatan Pj Bupati adalah amanah dari pemerintah dan Pemda, sehingga sebagai bentuk pertanggung jawaban kepada pemerintah maka wajib menyampaikan laporan kerja sekurang-kurangnya sekali dalam tiga bulan.

“Bisa saja laporan itu setelah dievaluasi bisa negatif atau positif. Tapi kita percaya bahwa PJ Walikota Payakumbuh (Ridha Ananda) sudah melaksanakan ini dalam satu tahun dan kita bisa melihat kinerja beliau itu dalam bentuk program menekan angka kemiskinan dikota Payakumbu,” terang Arul.

Kedua, Pj bupati sebagai PNS aktif harus mampu mendorong para PNS lain di lingkungan kerjanya untuk menjaga netralitas sebagai aparatur pemerintah dan tidak terlibat politik praktis dalam kaitannya menjelang Pemilu 2024.

“Selain itu, pastikan bahwa keberadaan beliau sebagai Pj Walikota bukan untuk kelompok kelompok tertentu tetapi pada semua masyarakat di masing masing wilayah yang iya pimpin, yaitu masyarakat Kota Payakumbuh Tampa terkecuali,” Tambah Arul.

Hal ke tiga,lanjut Arul, sebagai Pj Walikota berharap terus gencar menciptakan program positif serta membantu memfasilitasi agenda nasional yang telah ditetapkan oleh Presiden dan DPR untuk mensukseskan Pemilu tahun 2024 dan Pilkada serentak di masing-masing wilayah.

“Selanjutnya Arul berharap kepada Pj Walikota Payakumbuh untuk memastikan semua kebijakan atau program pembangunan daerah Yang telah disusun dan tetapkan bersama pemerintah pusat dan provinsi serta mengawal kebijakan nasional dan daerah guna mengakselerasi pembangunan di semua sektor demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat,serta menekan angka kemiskinan dikota Payakumbuh” Pungkas Arul di penutup.(*)

Tim editor

Apa yang anda rasakan setelah membacanya...?

love

0

Suka
dislike

0

Kecewa
wow

0

Wow
funny

0

Lucu
angry

0

Marah
sad

0

Sedih