Redaksi Sumut

Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Belawan Adakan Sosialisasi Pencegahan Gratifikasi Dan Progress STRANAS PK

22 Nov 2022 - 23 View

Medan,RedaksiDaerah.com - Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Belawan adakan Sosialisasi Pencegahan Gratifikasi Dan Progress Strategi Nasional Pencegahan Korupsi (STRANAS PK) Tahun 2022 kepada para Pengguna Jasa dan Stakeholder di Hotel Prime Kuala Namu Jalan Sultan Serdang No. 88 Tumpatan Nibung Kecamatan Batang Kuis pada Selasa (22/11/2022) pukul 08.00 WIB.

Turut hadir dalam kegiatan ini sebanyak 165 Perusahaan yang terdiri dari beberapa Instansi Pemerintah, beberapa Perusahaan Pelayaran, beberapa Organisasi Kepelabuhan, beberapa Perusahaan Pengguna Jasa Ekspedisi Muatan Kapal Laut (EMKL) dan beberapa Stakeholder.

Kegiatan ini diawali dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya yang dibawakan Tim Panitia dan MC, Pembacaan Doa dan Laporan Ketua Panitia oleh Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Belawan Ir. Andi Fiardi, MT.

Ir. Andi Fiardi, MT dalam kata sambutannya mengatakan "dalam rangka melaksanakan amanat Instruksi Menteri Perhubungan Nomor IM 5 Tahun 2019 tentang Penguatan Budaya Anti Korupsi di Lingkungan Kementerian Perhubungan dan dalam rangka keefektifan pelaksanaan pengendalian gratifikasi serta memberikan pemahaman serta pedoman bagi para pegawai dan para pengguna jasa untuk pencegahan tindak pidana korupsi.

"Maka perlu dilaksanakan Sosialisasi Anti Gratifikasi di lingkungan Pelabuhan Belawan guna terwujudnya peningkatan pelaksanaan tata kelola pemerintahan yang baik dan bebas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme. Dan  dalam rangka melihat progress pencapaian program Stranas PK, maka dipandang perlu melaksanakan evaluasi progress pencapaian program Stranas PK di Pelabuhan Belawan", ucap Ir. Andi Fiardi, MT.

Ir. Andi Fiardi MT juga menyampaikan tujuan dari kegiatan sosialisasi hari ini yaitu memberikan pemahaman serta pedoman bagi para pengguna jasa dan para stakeholder untuk pencegahan tindak pidana korupsi dan mendukung efektifitas agar terciptanya budaya anti gratifikasi, dan mengevaluasi progress pencapaian program Stranas PK di Pelabuhan Belawan.

Direktur Jenderal Perhubungan Laut (Dirjen Hubla) DR. Capt,  Mugen S.Sartoto,Msc dalam kata sambutannya secara resmi membuka kegiatan sosialisasi ini.

Dalam kata sambutannya DR. Capt,  Mugen S.Sartoto,Msc menjelaskan tentang Gratifikasi, dan DR. Capt,  Mugen S.Sartoto,Msc juga menghimbau atau mengingatkan agar para Pegawai Negeri atau Penyelengara Negara tidak melakukan kegiatan gratifikasi dengan mengambil keuntungan besar secara pribadi melalui jabatannya, 

DR. Capt,  Mugen S.Sartoto,Msc juga mengajak kepada para pegawai negeri dan penyelengara negara agar saling menjaga dan saling mengingatkan untuk tidak melakukan gratifikasi.

"Gratifikasi merupakan akar dari korupsi dan gratifikasi dapat menjerumuskan kita ke dalam tindakan-tindakan korupsi lainnya. Oleh sebab itu, mari senantiasa menanamkan sikap anti korupsi dan menjaga integritas guna mewujudkan pemerintahan yang bersih dan berkualitas", ucapnya.

DR. Capt,  Mugen S.Sartoto,Msc juga mengatakan acara tersebut juga membahas tentang Progress Stranas PK di Pelabuhan Belawan.

"Dimana kita ketahui bersama bahwa saat ini program Stranas PK sudah hampir memasuki bulan ke-24 (B-24), diharapkan kita dapat saling bertukar informasi terkait kendala-kendala yang dihadapi dalam mendukung program Stranas PK, terutama dalam penerapan SSm Pengangkut dan Single Truck identification Data (STID).

Dan kita  berharap agar hasil penilaian KPK atas Program Stranas PK pada 14 Pelabuhan periode penilaian B-24 nantinya akan memperoleh trend yang positif dengan nilai yang cukup baik",  tutup 
DR. Capt,  Mugen S.Sartoto,Msc.

DR. Capt,  Mugen S.Sartoto,Msc berharap  kepada seluruh Stakeholder di Pelabuhan Belawan untuk dapat bersinergi bersama demi mewujudkan Pelabuhan Belawan yang lebih baik.

Reporter : LP Sitinjak
Editor : Tim Redaksi

Apa yang anda rasakan setelah membacanya...?

love

0

Suka
dislike

0

Kecewa
wow

0

Wow
funny

0

Lucu
angry

0

Marah
sad

0

Sedih