Redaksi Sumbar

Barang Bukti 200 Kg Di Markas BNNP Sumbar. [Foto : RD/Kebe]

Jelang Akhir Tahun, 200 Kg Ganja Dijaring BNNP di Lintas Tengah Sumatera

17 Nov 2021 - 47 View

Barang Bukti 200 Kg Di Markas BNNP Sumbar. [Foto : RD/Kebe]

Padang, RedaksiDaerah.com - Maraknya peredaran narkoba belakangan ini. Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Barat (BNNP Sumbar) bersama Badan Narkotika Nasional Kabupaten Pasaman Barat (BNNK Pasbar) memperketat jalur lintas barat Sumatera Barat.

Menjelang akhir tahun 2021, BNNP Sumbar dengan program Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) untuk menekan angka peredaran juga dalam penggunaan.

Dalam keterangan Press Release Rabu (17/11/21) di markas BNNP Sumbar menjelaskan :

Pada hari Kamis (04/11/21), Tim BNNP Sumbar menerima informasi, bahwa akan ada narkotika yang akan di kirimkan melintasi Provinsi Sumatera Barat melalui lintas Barat Sumatera.

Menurut informasi, terpantau bahwa narkotika jenis ganja tersebut dikirim menggunakan kendaraan roda empat sebanyak 1 (satu) unit.

Berselang pada hari berikutnya Jumat (05/11), Tim BNNP Sumbar didukung oleh Direktorat Dakjar dan Direktorat Intel BNN RI serta BNNK pasaman barat untuk melakukan kegiatan dilapangan.

Sekira pukul 14.00 Wib,Tim BNNP Sumbar bersama BNNK Pasbar dan Tim Dakjar beserta Tim Intel BNN RI menerima arahan dari Kabid Pemberantasan BNNP Sumbar.

Terkait laporan informasi yang disampaikan serta menentukan cara bertindak yang akan dilaksanakan. 

Kemudian tim gabungan melaksanakan mapping di jalan lintas sumatera. Selanjutnya tim gabungan stanby di SPBU Kecamatan Kumpulan, sambil memantau pergerakan Target Operasi (TO). melalui informan oleh tim analis.

Melalui informan oleh tim analis, sekitar pukul 23,00 Wib, TO terpantau melalui informan telah melewati perbatasan Sumatera Utara dengan Sumatera Barat.

Tim Gabungan segera bergerak ke lokasi yang telah ditentukan sebelumnya untukpersiapan RPE. 

Pukul 01.30 Wib TO telah sampai di kecamatan Rao Sumatera Barat. Semua personil gabungan bersiap sesuai pembagian tugasyang telah di bagi sebelumnya.

Tepat pada hari Sabtu (06/11/21) sekitar pukul 02.00 WIB, Tim gabungan berhasil membekuk seorang tersangka beserta barang bukti Ganja kering dan mobil toyota merk Avanza berikut :

Pelaku bernama berinisial RA umur 26 tahun, Tempat Kejadian Perkara (TKP) dipinggir Jalan Raya Lintas Tengah Sumatera tepatnya di jalan Imam Bonjol Panti, Kabupaten Pasaman.

Dari hasil pemeriksaan dilapangan terhadap RA dan di lengkapi dengan bukti-bukti alat komunikasi, di dapat kesimpulan bahwa narkotika jenis ganja ini dimiliki oleh seorang Narapidana.

Serta perjalanan kurir tersebut dikendalikan oleh seorang narapidana lain yang sama-sama berada di lapas kelas II B Sijunjung.

Mengetahui hal tersebut Tim BNNP Sumbar Menghubungi BNNK Sawahlunto untuk segera mengamankan 2 (dua) orang narapidana dan 2 (dua) unit alat komunikasi dengan identitas narapidana bernama berinisial IS (29) dan HP (25) yang sama-sama sedang menjalani masa pesakitan di Lapas II B Sijunjung.

Barang Bukti :

135 (seratus tiga puluh lima) Paket Besar diduga Narkotika jenis Tanaman Ganja Kering yang di balut dengan lakban warna kuning.

7 (tujuh) Buah Karung yang digunakan untuk membungkus Narkotika Jenis Tanaman Ganja Kering.

4 (empat) lembar uang Rp 50.000 berjumlah Rp 200.000.

1 (satu) unit Handphone Android merk Oppo warna merah.

1 (satu) unit Handphone Android merk Oppo warna biru hitam.

1 (satu) unit Handphone Android merk Oppo warna biru.

1 (Satu) Buah Dompet Warna Cokelat hitam Merk Louis Vuilton

1 (satu) unit Mobil Merk Avanza warna hitam dengan no Pol B 1417 UIV beserta kunci mobil dan STNK An. PT Bengkalis Kuda Laut.

Total barang bukti Ganja yang diamankan dari TKP adalah Seberat 199.000,50 Gram (Seratus Sembilan Puluh Sembilan Ribu Koma Lima Puluh) gram berdasarkan Timbangan PT Pegadaian.

Tersangka dijerat pasal 114 ayat (2), Jo Pasal 111 ayat (2) Jo Pasal 115 Ayat (2) Jo Pasal 132 ayat (1) UU No 35 Tahun 2009 Dengan ancaman hukuman seumur hidup dand denda paling banyak 10 milyar dan paling sedikit 1 Milyar.

Sampai Release ini dikeluarkan personil BNNP masih melakukan pengembangan.

 

Sumber  :  Press Release BNNP Sumbar

Editor      :  Hendra Putra

Apa yang anda rasakan setelah membacanya...?

love

1

Suka
dislike

0

Kecewa
wow

1

Wow
funny

0

Lucu
angry

1

Marah
sad

0

Sedih